DPP - Wanita Katolik Republik Indonesia *** e-mail : info@dpp-wanitakatolik-ri.com * * *

Berita Dewan Pengurus Pusat


SEKRETARIAT
DPP Wanita Katolik RI
Jl. Kayu Jati III No.8 Rawamangun,
Jakarta 13220
Telepon : (021) 475 8949 Fax : (021) 475 7257
Email : dpp_wkri@yahoo.com.sg

Mengapa Sekolah (bagi) Perempuan?

Oleh: Justina Rostiawati

Pengantar
Kaderisasi merupakan proses atau cara untuk membentuk seseorang menjadi kader – orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting (dalam organisasi) – kutipan dari KBBI V Daring,Tahun 2016 (Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke-5, dalam jaringan). Dalam hal ini Organisasi Wanita Katolik RI menunjukkan keseriusannya untuk secara konsisten membentuk kader-kader yang dapat diandalkan untuk berperan baik di dalam maupun di luar organisasi. Sejarah berdirinya organisasi telah membuktikan bahwa Ibu-Ibu Wanita Katolik RI bukan perempuan biasa, yang sejak tahun 1924 berjuang dan memperjuangkan harkat serta martabat (manusia) perempuan, bahkan turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mendirikan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diketahui pula bahwa isu yang diperjuangkan oleh Ibu-ibu pendiri organisasi adalah isu perempuan yang hingga zaman ini masih relevan: memperjuangkan penghapusan diskriminasi (upah buruh), menolak poligami dan perkawinan anak dengan pendidikan keterampilan bagi perempuan, menanamkan budi pekerti kepada anak usia dini – PAUD. Spirit atau roh organisasi seperti ini yang perlu dihidupi dan diresapkan ke dalam setiap anggota Wanita Katolik RI supaya bisa lebih jernih berperan di masyarakat.

Pentingnya Program Kaderisasi bagi Wanita Katolik RI
Memasuki usia 90 tahun, DPP menyadari adanya gelombang transisi di dalam tubuh organisasi. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya anggota baru yang dari segi usia dan pengalaman berorganisasi masih muda. Pada periode-periode sebelumnya, dapat ditengarai bahwa kebanyakan anggota Wanita Katolik RI adalah mereka yang secara turun temurun orang tuanya telah menjadi anggota – sehingga ‘menurunkan’ ilmu organisasi dapat dilakukan dengan mudah dan dalam suasana kekeluargaan seperti antara Ibu ke anaknya. Situasi ini pulalah yang membangun suasana dan warna kekeluargaan yang berbeda dengan organisasi kemasyarakatan lain di mana pun.

Dari pembaharuan data anggota (updating database) semakin diyakini bahwa memang transisi telah terjadi, di tingkat akar rumput (anggota) dan di tingkat kepengurusan di semua jenjang (tingkat nasional, daerah, cabang dan ranting). Oleh karena, banyak anggota ‘baru’ yang muda usia dan pengalaman berorganisasi dalam Wanita Katolik RI, maka pada waktu itu DPP menyadari penting dan perlunya dikembangkan kembali program untuk kaderisasi yang tersistematisasi dan berkelanjutan bagi anggota Wanita Katolik RI dan secara khusus untuk menyiapkan pimpinan masa depan yang dapat berperan, baik di dalam maupun di luar organisasi. Pada prinsipnya, Wanita Katolik RI juga merasakan kelangkaan model dan sistem kaderisasi organisasi/lembaga Katolik di Indonesia untuk menyiapkan anggotanya menjadi kader mumpuni dengan warna atau menjiwasi kekatolikan – kasih yang universal. >>Baca selanjutnya >>>>


KADERISASI DARI DPD KE DPD

Mengenali Diri Kita – Wilayah Kerja DPD, Mencari Bentuk Proses Kaderisasi Bagi Wanita Katolik RI

Justina Rostiawati
Ketua Presidium, DPP Wanita Katolik RI


Apa yang dimaksud dengan Mengantar Kepemimpinan Masa Depan?
Program Kaderisasi dengan tajuk Mengantar Kepemimpinan Masa Depan telah digagas sejak akhir periode 2008 – 2013, dan diteguhkan dengan Keputusan Kongres XIX Tahun 2013 Nomor KEP- VIII/ KONGRES XIX/2013 TENTANG KADERISASI WANITA KATOLIK RI. Pada penghujung tahun 2012 telah dilaksanakan paling tidak dua (2) kali kegiatan nasional dalam rangka uji materi program kaderisasi yang telah dikembangkan oleh Tim Kaderisasi waktu itu, yang terdiri dari: B.K Indarwahyanti Graito, Endang Siregar, Augustine Indarsiani Widarto, Koestriani Prabowo, Nani Winarno, Della Pradipta, dan Justina Rostiawati. Panduan Kaderisasi yang pernah disusun pada tahun 2005 (??) digunakan sebagai salah satu acuan dalam mengembangkan materi kaderisasi. Pada akhir periode itu, salah satu materi pokok yang dianggap penting dan prioritas bagi seluruh jajaran pengurus dan anggota Wanita Katolik RI adalah materi terkait dengan kesejarahan organisasi dengan intinya spirit atau roh asali lahirnya organisasi tercinta kita, Wanita Katolik RI, dan materi tentang kepemimpinan.

Dalam perjalanan waktu, dikembangkanlah satu materi yang menjadi penunjang namun penting diserap oleh segenap anggota Wanita Katolik RI, yaitu materi untuk menemukenali kekuatan di wilayah kerja masing-masing tingkat organisasi, serta materi yang menumbuhkembangkan dan mengasah kepedulian – kepekaan – bela rasa terhadap situasi di dalam lingkup wilayah kerja masing-masing, khususnya situasi dimana banyak (masyarakat) perempuan dan anak-anak terpinggirkan. Materi-materi inilah yang kemudian diperkenalkan ke sejumlah DPD: DPD Keuskupan Agung Jakarta, DPD Purwokerto, DPD Tanjung Selor (khusus untuk 2 Cabang : Malinau dan Pulau Sapi), DPD Kalimantan Selatan, DPD Sumatera Barat (khusus Cabang Tuapejat).
>>> Baca selanjutnya>>>



DPP - WANITA KATOLIK - RI

Sekretariat

Telepon nomor: (021) 4758949
Fax nomor: (021) 475 7257
Email: info@dpp-wanitakatolik-ri.com

Dana Solidaritas ke rekening berikut:
1. BCA atas nama Wanita Katolik RI:
660 030028 6
2. Bank Mandiri atas nama Perkumpulan WK:
123 000 549 3418
Jangan lupa diberi keterangan DANA SOLIDARITAS

Nama Pimpinan:

(Masa Bakti 2013- 2018)
Ketua Presidium: Justina Rostiawati
Anggota Presidium I: Hildegard Della Pradipta Anggota Presidium II: Anastasia Irawatie Soedjadi


 

Kitab Suci Harian


Contact Information

DPP-WANITA KATOLIK-RI Sekretariat DPP-Wanita Katolik-RI
Phone: (021) 4758949
Fax: (021) 475 7257
info@dpp-wanitakatolik-ri.com